Sabtu, 28 Januari 2012

PENDALAMAN

Jumat, 27 Januari 2012


PENDALAMAN: Bagaimanakah kasih karunia dan penghakiman dapat bekerja bersama-sama? Disinilah bagaimana inspirasi menyatakannya.


“Sementara Yesus memohon bagai orang-orang yang menerima rahmat-Nya, setan menuduh mereka dihadapan Allah sebagai pelanggar-pelanggar. Penipu besar itu berusaha menuntun mereka kepada keragu-raguan, untuk menghilangkan kepercayaan mereka kepada Allah untuk memisahkan mereka dari kasih-Nya, dan melanggar hukum-Nya. Sekarang ia menunjuk kepada catatan kehidupan mereka, kepada cacat tabiat mereka, ketidakserupaannya dengan Kristus yang telah mempermalukan Penebus mereka, kepada semua dosa-dosa yang telah digodakannya agar dibuat, dan oleh sebab semua ini, ia mengatakan bahwa orang-orang itu adalah rakyatnya, pengikut-pengikutnya”.

“Yesus tidak memaafkan dosa-dosa mereka, tetapi menunjukan penyesalan mereka atas dosa mereka itu dan iman mereka, dan dalam memohon pengampunan bagi mereka Ia mengangkat tangan-Nya yang telah terluka itu di hadapan Bapa dan malaikat-malaikat suci, sambil berkata “Aku mengenal nama-nama mereka. Aku telah mengukir mereka di telapak tangan-Ku”. – Ellen G. White, Alfa dan Omega, Jilid 8, Halaman 506, 507.

PERTANYAAN UNTUK DIDISKUSIKAN:

1. Bagaimanakah pernyataan diatas menolong Anda memahami peran kasih karunia dalam penghakiman? Bagaimanakah Ellen G.White menjelaskan orang-orang yang beriman kepada Allah , dan mengapa hal itu sangat penting? Bagaiamanakah Anda melihat diri sendiri dijelaskan disana?

2. Bayangkan Anda sendiri dihadapan Allah dengan segala sesuatu yang pernah Anda lakukan, baik atau buruk, dibukakan. Bagaimanakah perasaan Anda? Dapatkah Anda berdiri dihadapan Allah dengan dasar perbuatan baik Anda, bahkan satu hal yang telah Anda lakukan dengan tulus dan motivasi yang sangat jujur? Apakah Anda pikir bahwa itu cukup untuk membuat Anda berharga dihadapan Pencipta Anda? Bagaimanakah jawaban Anda menolong Anda memahami perlunya kasih karunia?

3. Apakah jebakan yang mematikan dari berpikir bahwa karena kita diselamatkan oleh kasih karunia, jadi tidak masalah apapun yang kita lakukan? Bagaimanah Anda dapat menjaga diri Anda agar tidak terjebak ke dalam tipu muslihat itu?

4. Orang kadang-kadang memperingatkan kita akan”kasih karunia murahan”. Namun, tidak ada yang seperti itu. Kasih karunia tidaklah murah – itu adalah gratis. Yang murahan adalah bilamana orang megunakan kasih karunia itu sebagai alasan untuk melakukan dosa. Contoh apakah dari kecurangan tersebut dapat dilihat dalam dunia Kristen? Atau bahkan dalam Gereja kita sendiri?

RANGKUMAN: Allah adalah Allah keadilan dan keadilan memerlukan penghakiman. Allah juga adalah Allah kasih karunia. Betapa pentingnya kita, sebagai umat Kristen Advent, menyatakan pekabaran tiga malaikat, memahami kedua kebenaran Ilahi ini dan apa yang dinyatakannya kepada kita mengenai Allah kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar