Selasa, 03 Januari 2012

Sekilas tentang Allah kita

Sekilas tentang Allah kita

Siapakah yang melihat foto-foto melalui Teleskop ruang Angkasa Hubble

dan tidak heran atas keindahan dunia ini? Heran atas foto terkenal “Galaksi Sombrero,”.

Seorang penulis berkata: “Bagaimanakah kita dapat memulai memahami pengetahuan, kekuatan, pemikiran, kebenaran dan maksud-maksud dengan pergi ke Galaksi Sombrero (yang mana itu hanyalah satu di antara milyaran galaksi yang lain?

Di sini kita, begitu kecil dan terisolasi, setitik ciptaan dengan begitu banyak pandangan kita tapi begitu jauh di luar jangkauan kita.”

Bagaimanapun, yang lebih menakjubkan daripada alam semesta itu sendiri, adalah Penciptanya, karena hanya Oknum yang lebih besar daripada alam semesta sajalah yang bisa menciptakannya.

Tentu saja, sebagai anggota Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh, Tuhan yang kita layani dan sembah adalah Dia, yang sesungguhnya telah menciptakan alam semesta---segala sesuatu mulai dari Galaksi Sombrero hingga partikel-partikel kecil yang membentuk atom yang menyusun semua benda yang di dalamnya dan di segala tempat mana pun juga.

Dalam konteks ini, pelajaran kita triwulan ini akan membahas beberapa “teologi” tentang Tuhan yang kita sembah dan layani, dalam sebuah istilah teknis untuk “pelajaran tentang Allah.” Bagaimanapun juga , bukankah sangat penting bagi kita untuk mengenal allah yang kita sembah, percayai, dan kita layani – yang harus kita kasihi dengan “segenap akal budimu” (Lukas 10:27)?

Lukas 10:27

Jawab orang itu: "Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap kekuatanmu dan dengan segenap akal budimu, dan kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri."

Gambaran tentang Tuhan Allah dalam Alkitab sangat luas. Ya, kasih Allah ditekankan berulang-ulang, tetapi masih banyak lagi mengenai Dia yang Dia mau agar kita ketahui. Misalnya, terdapat ratusan nama yang berbeda untuk Tuhan dalam Alkitab. Masing-masing nama tersebut dapat memberikan pemahaman yang lebih dalam dan lebih jelas tentang keagungan Allah yang menciptakan alam semesta. Dia sangat jauh lebih baik daripada Santa Claus yang ramah dilangit yang memberikan hadiah atas permintaan kita. (Seorang pemain poker professional baru saja memenangkan jutaan dollar dalam sebuah turnamen, dan kemudian di depan umum dia berterima kasih kepada Yesus akan hal itu!).

Triwulan ini kita akan mempelajari tentang Allah, dalam berbagai aspek dari Dia sebagaimana telah dinyatakan kepada kita dan apa artinya bagi kita dalam praktik kehiduan kita. Kita akan memulai dengan beberapa “dasar” seperti Trinitas – ajaran yang mengagumkan bahwa Allah adalah Satu Tuhan namun terdiri dari tiga Oknum. Berdasarkan hal ini, kita akan focus pada Allah sebagai Pencipta, doktrin yang membentuk fondasi dari semua yang kita percayai. Kemudian, kita akan mempelajari pekerjaan penebusan-Nya, karena dalam dunia yang sudah jatuh, diciptakan saja tidaklah cukup. Kita juga perlu ditebus. Kita juga akan mempelajari tentang Allah, baik allah kasih karunia, maupum allah penghakiman. Lalu kita akan mempelajari tentang kekudusan-Nya, hokum-Nya, dan Sabat, yang semuanya ini berakar dari pokok karakter-Nya dan menolong kita lebih memahami seperti apa Tuhan kita itu.

Dan kita juga kan mempelajari beberapa aspek lain dari Tuhan yang tidak biasa dipikirkan, seperti Tuhan atas keindahan, Tuhan atas sejarah, dan bahkan Tuhan atas percintaan. Di antara hal-hal lain seperti doa dan ekologi (kita akan pelajari beberapa aspek praktis untuk mengerti apa artinya melayani Tuhan kita),kita juga akan melihat pada janji Allah yang begitu indah tentang kedatangan-Nya yang kedua kali yang menuntun pada puncak sejarah dan akhir kehidupan manusia yang mengerikan dalam pengalaman dengan dosa.

Tuhan itu besar (Bagaimanapun juga, Dialah yang menciptakan—segala sesuatu yang lain—termasuk Galaksi Sombrero!). Dibandingkan dengan galaksi-galaksi itu, kita sangat kecil. Oleh karena itu, betapa bersyukur harusnya kita, untuk setiap cahaya yang Dia berikan pada jalan kita. Triwulan ini kita akan melihat pada beberapa cahaya itu. Tergantung pada masing-masing kita, secara perorangan, seberapa setia kita berjalan di dalamnya.



Jo Ann Davidson adalah seorang professor teologi di Andrews University Seminary, Berrien Springs, Michigan.

Daftar Versi Alkitab

Referensi ayat-ayat Alkitab dalam :Pedoman Pendalaman Alkitab Sekolah Sabat Dewasa Triwulan I Tahun 2012 ini dikutip dari Alkitab Terjemahan Baru (Jakarta: LAI, 2000), kecuali diberi tanda sbagai beriku:

ESV. Dari The Holy Bible, English Standard Version. Copyright 2001 by Crossway Bible, a division of Good News Publishers.

NIV. Ayat-ayat yang diambil dari NIV berasal dari Holy Bible, New International Version. Copyright 1973, 1978, 1984, International Bible Society. Digunakan dengan izin dari Zondervan Bible Publishers.

NKJV. Ayat-ayat yang diambil dari New King James Version, Copyright 1979, 1980, 1982 by Thomas Nelson, Inc. Digunakan dengan izin. Hak cipta dilindungi Undang-undang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar