Selasa, 03 Januari 2012

Allah Tritunggal

Pelajaran 1 *31 Des.2011 - 6 Jan.2012

Allah Tritunggal

SABAT PETANG

BACALAH UNTUK PELAJARAN PEKAN INI:

Ulangan 6:4

6:20 Apabila di kemudian hari anakmu bertanya kepadamu: Apakah peringatan, ketetapan dan peraturan itu, yang diperintahkan kepadamu oleh TUHAN Allah kita?

Filipi 2: 6

2:6 yang walaupun dalam rupa Allah, tidak menganggap kesetaraan dengan Allah itu sebagai milik yang harus dipertahankan,

Matius 28:19

28:19 Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus,

Kejadian 1:26,27

1:26 Berfirmanlah Allah: "Baiklah Kita menjadikan manusia menurut gambar dan rupa Kita, supaya mereka berkuasa atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas ternak dan atas seluruh bumi dan atas segala binatang melata yang merayap di bumi."

1:27 Maka Allah menciptakan manusia itu menurut gambar-Nya, menurut gambar Allah diciptakan-Nya dia; laki-laki dan perempuan diciptakan-Nya mereka.

Yohanes 14-16

14:6 Kata Yesus kepadanya: "Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorang pun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.

AYAT HAFALAN:

Yudas 1: 20 : 21. NKJV

1:20 Akan tetapi kamu, saudara-saudaraku yang kekasih, bangunlah dirimu sendiri di atas dasar imanmu yang paling suci dan berdoalah dalam Roh Kudus.

1:21 Peliharalah dirimu demikian dalam kasih Allah sambil menantikan rahmat Tuhan kita, Yesus Kristus, untuk hidup yang kekal.

POKOK PIKIRAN:

Alkitab berisi feferensi-referensi dari gambaran tentang Ketuhanan dan kesatuan Keallahan Ilahi.

Walaupun kata Trinitas itu sendiri tidak muncul dalam Alkitab, namun ajarannya sudah pasti ada. Doktrin Trinitas ialah, bahwa Allah adalah berkaitan dengan siapa Allah itu, seperti apa Dia, bagaimana Dia bekerja, dan bagaimana Dia berhubungan dengan dunia. Yang terpenting, Keallahan Kristus perlu dalam rencana keselamatan.

Dalam Kitab Suci, adal tiga fakta terpisah namun saling berhubungan mengenai bukti Trinitas, atau ketritunggalan Allah: (1) bukti kesatuan allah, bahwa Allah adalah Satu; (2) bukti bahwa ada tiga Oknum Allah, (3) konteks yang menggambarkan ketritunggalan Allah.

Perbedaan antara Allah, Kristus, dan Roh Kudus dalam Alkitab harus dipahami sebagaimana Allah nyatakan di dalam diri-Nya sendiri, meskipun sangat sulit dipahami oleh pikiran kita yang sudah jatuh dalam dosa. “Penguasa kekal sorgawi—Allah Bapa, dan Kristus dan Roh Kudus,” sebagaimana Ellen G.White menyebutnya. (Evangelism, hlm, 616), adalah sama tetapi tidak serupa atau tidak dapat dipertukarkan.

Walaupun beberapa dari umat Advent mula-mula berjuang dengan doktrin ini, gereja kita sekarang ini telah mengambil pendirian yang tegas dan tidak berubah pada pengajaran ini. Sebagaimana Dasar Kepercayaan nomor 2 mengatakan, “Hanya ada satu Allah: Bapa, Anak, dan Roh Kudus, satu kesatuan dari tiga Oknum yang kekal.”

*Pelajari pelajaran pekan ini sebagai persiapan untuk Sabat, 7 Januari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar