Senin, 05 Maret 2012

DOA IMAN

Selasa, 6 Maret 2012

DOA IMAN


“Tetapi tanpa iman tidak mungkin orang berkenan kepada Allah. Sebab barangsiapa berpaling kepada Allah, ia harus percaya bahwa Allah ada, dan bahwa Allah member upah kepada orang yang sungguh-sungguh mencari Dia” (Ibrani 11:6). Prinsip penting apakah yang diajarkan ayat ini kepada kita mengenai apa yang diperlukan dalam doa dan apakah artinya itu bagi kita?


Dalam satu pengertian, doa ialah sebuah jalan untuk datang kepada Allah, membuka diri sendiri naik kepada-Nya. Kita berdoa bukan supaya Allah mengetahui segala sesuatu yang kita perlukan. Perihal doa, Yesus sendiri berkata, bahwa “Bapamu mengetahui apa yang kamu perlukan, sebelum kamu minta kepada-Nya” (Matius 6:8).


Matius 6:8

Jadi janganlah kamu seperti mereka, karena Bapamu mengetahui apa yang kamu perlukan, sebelum kamu minta kepada-Nya.


Kita berdoa karena doa adalah sebuah cara melatih iman kita kepada Allah. Artinya hal itu membuat iman kita semakin kuat, lebih nyata, dan praktis. Siapakah yang tidak mengalami bagaimana doa yang sungguh-sungguh, doa yang teguh, yang dipanjatkan dengan rasa yakin, telah menumbuhkan iman dan memperdalam hubungan dengan Allah?


Doa adalah satu cara untuk menolong mengosongkan diri dari diri. Suatu cara untuk mati terhadap diri setiap hari. Suatu cara untuk berhubungan kembali dengan Allah dalam taraf yang sangat pribadi. Suatu cara untuk mengingatkan Anda bahwa Anda bukan milik anda sendiri, bahwa Anda akan remuk dan mati dalam sebuah dunia yang penuh dengan kuasa-kuasa dan kekuatan yang dapat dengan sekejap menginjak-injak Anda menjadi debu.


Sangat sering kita mendengar ungkapan, “mencari Tuhan dalam doa”. Apakah makna ungkapan ini bagi Anda? Lihat Daniel 9:3,4. Zakaria 8:21.


Daniel 9:3,4

9:3 Lalu aku mengarahkan mukaku kepada Tuhan Allah untuk berdoa dan bermohon, sambil berpuasa dan mengenakan kain kabung serta abu.

9:4 Maka aku memohon kepada TUHAN, Allahku, dan mengaku dosaku, demikian: "Ah Tuhan, Allah yang maha besar dan dahsyat, yang memegang Perjanjian dan kasih setia terhadap mereka yang mengasihi Engkau serta berpegang pada perintah-Mu!


Zakaria 8:21

Dan penduduk kota yang satu akan pergi kepada penduduk kota yang lain, mengatakan: Marilah kita pergi untuk melunakkan hati TUHAN dan mencari TUHAN semesta alam! Kami pun akan pergi!


Untuk pengertian yang luas , setiap doa adalah tindakan iman. Siapakah yang dapat melihat doa-doa mereka sampai ke surge?

Siapakah yang dapat melihat Allah menerima doa tersebut? Sering kita berdoa tanpa melihat hasil-hasilnya datang segera, namun, kita tetap beriman bahwa Allah mendengarkan dan akan menjawab dengan cara yang terbaik.

Doa adalah sebuah tindakan iman yang mana kita menjangkau melampaui apa yang kita lihat atau rasakan atau bahkan betul-betul jauh dari pemahaman kita.


Seberapa banyakkah doa Anda yang dihafalkan dan statis, bukan dari perasaan hati Anda yang paling dalam?

Bagaimanakah Anda dapat mengubahnya menjadi doa yang sungguh-sungguh dari segenap hati?


Tidak ada komentar:

Posting Komentar